Minggu, 29 April 2012

Dongeng Pelajaran Aesop 13


Dongeng Pelajaran Aesop 13

Dua Pot

Dua Pot telah ditinggalkan di tepi sungai, salah satu dari kuningan, dan lainnya dari gerabah. Ketika air pasang naik mereka berdua terseret air ke sungai. Sekarang pot gerabah mencoba untuk menjaga jarak dari pot kuningan, yang berseru: "Jangan takut, teman, Aku tidak akan menyerang Anda. "

"Tapi aku mungkin bisa beradu dengan Anda," kata yang lain, " Jika Anda datang terlalu dekat; apakah saya memukul Anda, atau Anda memukul saya, saya akan retak-retak dan pecah karenanya. "

Yang kuat dan yang lemah tidak bisa menjaga pertemanan.

Empat Sapi dan Singa

Singa biasa berkeliaran di lapangan di mana Empat Sapi itu mencari rumput. Sering ia mencoba menyerang mereka, tetapi setiap kali dia datang dekat, mereka menempelkan pantat mereka satu sama lain dengan tanduk-tanduk mengarah keluar lingkaran, sehingga apapun cara dia mendekati mereka dengan berkeliling, ia pasti bertemu dengan tanduk-tanduk salah satu dari mereka.

Pada saat terakhir, bagaimanapun, mereka bertengkar antara mereka sendiri, dan masing-masing
pergi ke padang rumput sendirian di sudut terpisah dari lapangan. Lalu Singa menyerang mereka satu per satu dan segera mengahiri nasib mereka semuanya.

Bersatu kita teguh, bercerai kita jatuh.

Pemancing dan Ikan Kecil

Setelah memancing sepanjang hari, Pemancing hanya menangkap ikan sedikit. "Berdoalah, biarkan aku pergi, Tuan," kata Ikan. "Saya  terlalu kecil untuk makanan Anda  sekarang. Jika Anda menempatkan saya kembali ke sungai saya akan segera tumbuh, maka Anda dapat membuat makanan yang baik dari saya. "

"Tidak, tidak, Ikan kecilku," kata Pemancing, "Aku tidak akan dapat menangkapmu di kemudian hari. "

Pendapatan kecil di tangan lebih bernilai daripada pendapatan besar yang masih berada dalam angan-angan.

Yang Tamak dan Yang Iri Dengki

Dua tetangga datang ke hadapan Dewa Jupiter dan berdoa agar keinginan mereka dikabulkan. Salah satu penuh dengan ketamakan, dan yang lainnya mudah dimakan iri hati. Jadi untuk menghukum mereka berdua, Jupiter memberikan masing-masing apa pun yang ia inginkan untuk dirinya sendiri, tetapi hanya pada kondisi tetangganya akan mendapat dua kali lebih banyak, merekapun setuju.

Yang tamak berdoa untuk memiliki ruangan yang penuh dengan emas. Secepat yang diucapkan doa itu dikabulkan;  tapi semua sukacitanya berubah menjadi kesedihan ketika ia menemukan bahwa tetangganya memiliki dua kamar penuh dengan emas. Lalu tibalah gilaran orang yang Iri dengki, yang tidak tahan berpikir bahwa tetangganya akan punya sukacita. Maka, ia berdoa agar matanya menjadi  buta sebelah, maka berarti mata tetangganya akan menjadi benar-benar buta kedua-duanya.

Akhirnya sifat jahat itu akan menghukum dirinya sendiri.

Orang dan Dewa Hutan

Seseorang telah kehilangan jalan di hutan pada suatu malam di musim yang sangat dingin. Saat ia mondar-mandir, Dewa Hutan datang menghampirinya, dan menemukan bahwa ia  telah tersesat, dewa itu berjanji untuk memberinya sebuah penginapan malam itu, dan membimbingnya keluar hutan di pagi hari. Saat ia pergi bersama ke rumah Dewa itu, orang itu mengangkat kedua tangannya ke mulutnya dan terus meniup-niup tangannya.

"Apa yang Anda lakukan itu?" kata Dewa Hutan.
"Tanganku kaku karena kedinginan," kata orang itu, "dan tiupan napas akan menghangatkannya. "

Setelah ini mereka tiba di rumah Dewa Hutan, dan segera Dewa Hutan menaruh piring bubur berasap di hadapannya. Tapi ketika Orang itu mengangkat sendok ke mulutnya, dia mulai meniup di atasnya. "Dan apa yang Anda lakukan itu? " kata Dewa Hutan.

"Bubur itu terlalu panas, dan tiupan napas saya akan mendinginkannya."

" Anda harus segera pergi," kata Dewa Hutan itu. "Saya akan sia-sia berururusan dengan seorang pria yang dapat meniupkan hawa panas dan hawa dingin dengan napas yang sama. "

dongeng pelajaran aesop dari
Project Gutenberg Etext of Aesop's Fables

Tidak ada komentar:

Posting Komentar