Sabtu, 31 Maret 2012

Dongeng Pelajaran Aesop 10


Pohon dan Semak-Semak

" Hai, tuan kecil," kata Pohon kepada Semak-Semak yang tumbuh di kakinya, "mengapa Anda tidak menanam kaki Anda dalam-dalam ke tanah, dan mengangkat kepala Anda dengan berani ke udara seperti yang saya lakukan? "

"Saya puas dengan nasib saya," kata Semak-Semak. "Saya mungkin tidak begitu besar, tapi saya pikir saya lebih aman. "

"Aman!" Pohon mencibir. "Siapa yang akan mencabut diriku dari akarku atau menundukkan kepalaku ke tanah " Tapi segera ia harus bertobat dari kesombongannya, karena badai besar muncul merobek dirinya sampai ke akar-akarnya, dan melemparkannya sebagai balok kayu tidak berguna di tanah.

Sedangkan Semak-Semak kecil hanya membungkuk mengalah kepada kekuatan angin, dan segera berdiri tegak lagi saat badai telah berlalu.

Keadaan kecil dan rendah sering membawa keselamatan.


Rubah dan Kucing

Rubah membual kepada Kucing tentang cara-cara cerdas untuk melarikan diri dari musuh. "Saya memiliki sekarung trik," katanya, "yang berisi seratus cara untuk kabur dari musuh-musuhku. "

"Aku hanya punya satu cara," kata si Kucing, "tapi aku biasanya dapat mengelolanya dengan baik. Tepat pada saat itu mereka mendengar gonggongan anjing-anjing datang ke arah mereka, dan Kucing segera berlari naik ke sebuah pohon dan menyembunyikan dirinya di dahan. "Ini adalah rencana saya," kata Kucing.

"Apa yang akan kau lakukan, wahai sang Rubah?" Rubah masih memikirkan dari satu cara ke lain cara, dan sementara ia memperdebatkannya Anjing-anjing datang semakin dekat, dan akhirnya Rubah dalam kebingungannya tertangkap oleh anjing-anjing itu dan segera diikat oleh sang Pemburu. Nona Puss, yang menyaksikan semua itu mengatakan:

"Lebih baik satu cara yang aman daripada seratus cara yang membuat Anda sulit untuk memutuskannya. "

Serigala Berbulu Domba

Seekor Serigala menemukan kesulitan besar dalam mendapatkan domba karena kewaspadaan sang Gembala dan anjing-anjingnya. Tapi satu hari ia menemukan kulit domba yang telah dikuliti dan dilemparkan ke tempat sampah, sehingga ia meletakkannya di atas kulitnya sendiri dan berjalan turun di antara domba-domba itu. Seekor Domba kecil mulai mengikuti Serigala dalam pakaian Domba itu, maka membuat sang Domba sedikit terpisah, ia segera memakannya, dan untuk beberapa waktu ia berhasil menipu beberapa Domba, dan menikmati makanan hangat.

Waspadalah, terkadang penampilan-penampilan itu menipu.

Anjing di Palungan

Anjing mencari tempat untuk tidur siang melompat ke palungan Kerbau dan berbaring dengan nyaman di atas jerami. Namun segera Kerbau, kembali dari pekerjaan sore ini, datang ke palungan dan ingin makan beberapa jerami. Anjing dengan marah terbangun dari tidurnya, berdiri dan menyalak pada Kerbau, dan setiap kali ia datang dekat berusaha untuk menggigitnya. Akhirnya Kerbau harus menyerah untuk mendapatkan jerami, dan pergi sambil menggumamkan:

"Ah, orang sering dengki kepada orang lain tentang apa yang dia tidak dapat menikmatinya sendiri. "

dongeng pelajaran aesop dari
Project Gutenberg Etext of Aesop's Fables

Tidak ada komentar:

Posting Komentar